Saturday 19 October 2013

Cara membaca Tab Gitar

seperti contohnya :
--------------E
--------------B
--------------G
--------------D
--------------A
--------------E

E yang paling atas berarti senar paling bawah pada gitar alias senar 1. dan B berarti senar 2, G berarti senar 3 dan seterusnya.. E,B,G,D,A,E adalah nada steman standard gitar dalam keadaan open fret..

Jika di tablatur ditulis seperti berikut ini :

--------9---E
------6-----B
----------10G
------------D
------------A
------------E

Ini berarti yang harus anda tekan terlebih dahulu adalah senar 2 fret 6, lalu senar 1 fret 9 kemudian senar 3 fret 10.

Biasanya dalam membaca tablatur ada beberapa simbol simbol seperti Ho,Po,T,~~dan juga PM, artinya adalah :

Ho : ini menandakan Hammer On. anda harus tekan nada pertama lalu langsung pindah ke nada berikutnya tanpa dipetik.. contohnya

----3--(Ho)5-------E

anda harus menekan senar 1 fret 3 terlebih dahulu kemudian langsung menekan fret 5 dengan jari lainnya tanpa memetik senar tersebut..

Po : ini artinya Pull Off. kebalikan dari hammer on, jadi anda harus memetik nada pertama lalu langsung pindah ke fret belakangnya(diangkat) tanpa memetik lagi..

PM : Ini artinya Palm Mute yaitu anda harus memainkan gitar anda tanpa bunyi penuh. yaitu dengan cara meredam suara gitar anda (umumnya senar senar bass) dengan Sisi Tangan Anda.. Perhatikan Gambar

T : Tapping.. anda melakukan tehnik ini tanpa memetik senar melainkan dengan menyentuh senar itu.. misalnya begini..

-----2---5----T11--E

Pertama anda menekan senar1 fret 2 kemudian fret 5 dengan jari yang lainnya kemudian tangan kanan anda di gunakan untuk menekan fret 11 tersebut.. Tapping memiliki banyak variasi.. jika anda bisa menggabungkannya dengan hammer on dan pull off..

~~ : Ini artinya adalah Vibrato atau getaran.. anda harus membuat suara senar seakan bergetar dengan menekan senar dengan kuat dan mengangkatnya sedikit lalu menurunkannya lagi berulang ulang.

2 komentar: