Sunday 18 May 2014

Cara Agar Terhindar dari Gangguan Serangga Kecoa, Nyamuk dan Semut

Sumber : ebo.web.id











































~ Agar Serangga Tak Betah di Rumah ~
Anda sering mengalami gangguan dengan adanya serangga-serangga yang sering berkeliaran di rumah? Cobalah cara berikut, InsyaAllah berguna.
Yang pertama, tentu saja Anda harus menjaga sanitasi rumah, dan berikut ini kiat dan caranya:
A. MENJAGA KEBERSIHAN RUMAH
- Buka semua pintu dan jendela setiap pagi agar udara dalam rumah dapat berganti dengan udara pagi yang segar, serta sinar matahari dapat masuk ke setiap sudut rumah.
- Biasakan merapikan tempat tidur sehabis digunakan, ganti sprei minimal 3 kali sehari. Jika memungkinkan jemur kasur sesering mungkin agar tidak lembab dan kutu/jamur yang mungkin terselip diselah-selah kasur dan tempat tidur mati.
- Sapu rumah setiap pagi dan sore, gunakan serok agar debu tidak menyebar lebih luas saat disapu. Perhatikan juga kolong tempat tidur/lemari, biasanya binatang-binatang pengganggu bersarang seperti laba-laba, nyamuk, dan kecoa. Taruhlah kapur barus dikolong tersebut.
- Jangan lupa untuk mengepel lantaisetiap hari. Setelah kering, semprotkan cairan antiseptik kemudian dilap dengan lap kering untuk membunuh kuman yang mungkin masih ada.
- Jangan menggantung baju bekas pakai, selain menimbulkan bau juga menjadi sarang nyamuk. Cuci pakaian itu, atau kalau belum sempat, simpan dulu dalam mesin cuci/ember tertutup atau bisa juga dijemur/diangin-anginkan untuk pakaian yang tidak bisa dicuci atau yang dipakai lagi.
- Kamar mandi/toilet jangan dilupakan. Bersihkan setiap hari agar tidak sampai berkerak. Kuras bak mandi 2 kali sehari untuk mencegah nyamuk bertelur, serta agar air selalu bersih.
- Dapur sebagai tempat “memproduksi” menyimpan makanan harus selalu bersih. Jangan menumpuk piring/alat makan kotor. Biasakan selalu mencuci alat makan setiap selesai digunakan.
- Biasakan menaruh kembali barang pada tempatnya. Jangan menumpuk barang yang tidak perlu, sebaiknya sisihkan sedikit ruang dalam rumah Anda sebagai gudang.
- Kontrol saluran pembuangan limbah/got. Pastikan agar tidak tersumbat, bersihkan minimal sepekan sekali, apalagi saat musim hujan, agar nyamuk tidak berkembang biak disana.

B. MENGUSIR KECOA
Tinggal di Indonesia yang terletak didaerah tropis, hampir dipastikan tidak ada rumah yang tidak pernah dihinggapi kecoa. Kecoa merupakan hewan yang telah menghuni bumi sejak 300 juta tahun silam. Sekitar 5000 spesies tersebar diseluruh penjuru dunia. Rumah atau bangunan, paling sering menjadi sarang Kecoa Amerika (Periplaneta americana) dan Blatella germanica alias Kecoa Jerman.
Kecoa Amerika menyukai tempat lembab dan hangat. Septic tank atau saluran air kerap menjadi rumahnya. Sedangkan Kecoa Jerman lebih suka berada ditempat yang lembab, gelap, dan banyak makanan. Tak heran jika ia sering terlihat berkeliaran didapur, lemari, dan atap rumah.
Kecoa menyukai tempat yang kotor dan bau. Tempat-tempat tersembunyi menjadi lokasi favoritnya. Kendati sejauh ini belum ada riset mengenai penyakityang disebabkan oleh kecoa, tetap saja kita harus berusaha membuatnya tak betah dirumah. Tips berikut memang belum tentu dapat secara tuntas mengusir kecoa, tapi setidaknya ini bisa membantu mengurangi gangguan yang didatangkan kecoa.
- Jaga sanitasi rumah.
- Mengendalikan populasinya juga merupakan langkah tepat. Gunakan saja insektisida yang mudah ditemui dipasaran.
- Anda juga dapat menyiram telur kecoa dengan air panas untuk mencegah penetasan.
- Konon, daun salam dapat mengusir kecoa. Letakkan daun salam ditempat-tempat yang disukai kecoa, pojok dapur, misalnya.
- Kecoa takut aroma harum. Untuk mengatasi kecoa yang paling suka sembunyi didapur (biasanya dapur basah), gunakan sabun batangan yang dipotong kecil-kecil. Kemudian potongan sabun ini diletakkan dalam mangkok kecil (atau lainnya) yang diisi air secukupnya. Letakkan mangkok itu ditempat kecoa biasa muncul. Tak sampai beberapa hari, kecoa akan kabur. Tapi, Anda harus rutin menambah air bersih dalam tempat sabun tadi.
C. MENGUSIR NYAMUK
Mau cara alami? Cobalah aroma bawang putih yang pedas dan menyengat, ini paling ditakuti oleh nyamuk. Bila ingin mengusir nyamuk, selain harus rajin membersihkan lingkungan, cara terbaik adalah menanam bawang putih dalam kantong jaring dan gantunglah pada daerah yang banyak nyamuknya. Dalam kondisi demikian, nyamuk yang paling ganas pun Insya Allah tidak akan berani mendekat.

D. MENGUSIR SEMUT
Semut takut rasa asam. Berikut ini cara mengusir semut secara alami. Jeruk nipis segar dibelah jadi 2, peras dan teteskan pada sepanjang jalur yang dilalui semut. Juga oleskan bagian daging buah jeruk nipis pada jalur yang dilalui semut. Ini merupakan cara penanggulangan yang bebas racun, tanpa pencemaran dan aman.
Nah, sepantasnya kita ciptakan rumah sebagai tempat yang nyaman tanpa gangguan bau atau bahkan binatang dan serangga yang membuat tidak nyaman dan membahayakan kesehatan kita.

Sumber : Islam The Best Way of Life


7 komentar:

  1. Bolehkan sy bertanya..bagaimana cara mengusir serangga yg terlalu sering keluar dr dalam wc,
    Sy merasa aneh dg binatang itu karna slalu memenuhi kamar mandi
    Karna wc di kontrakan sy itu tidak ada air dalam wc nya,,jadi ketika kita BAB langsung jatuh ke sapiteng nya

    ReplyDelete
  2. Bolehkan sy bertanya..bagaimana cara mengusir serangga yg terlalu sering keluar dr dalam wc,
    Sy merasa aneh dg binatang itu karna slalu memenuhi kamar mandi
    Karna wc di kontrakan sy itu tidak ada air dalam wc nya,,jadi ketika kita BAB langsung jatuh ke sapiteng nya

    ReplyDelete
  3. nice dan sangat membantu ,, trima kasih

    ReplyDelete
  4. semprotin insektisida aja kak srimuji

    ReplyDelete
  5. Terimakasih , sangat bermanfaat

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete